Minggu, 06 September 2009

Menghilangkan Cegukan


Hidup Sehat - Definisi Sehat - Tips Hidup Sehat - Makanan Sehat - Diet Sehat
cara pertama
Menghentikan cegukan

Banyak cara dilakukan orang untuk berusaha menghilangkan cegukan. Secara teoritis, prinsipnya adalah dengan mengupayakan adanya menginterupsi lengkung refleks cegukan. Berikut ini beberapa cara yang kerap dilakukan :

Kadar karbon dioksida yang tinggi dalam darah dapat melumpuhkan cegukan. Caranya, adalah dengan bernapas dalam sebuah kantong kertas. Tiup dan hirup sebanyak 10 kali dengan cukup kuat sampai wajah memerah. Lakukan dengan cepat, dan usahakan kantong kertas tertutup rapat sehingga tidak ada udara yang masuk ke dalamnya…jadi udara yang dihirup adalah udara yang banyak karbondioksidanya.
Tehnik lain meningkatkan kadar karbondioksida adalah dengan menahan napas selama mungkin, lalu menelan ketika cegukan dirasakan akan datang. Lakukan sebanyak 2-3 kali kemudian tarik napas dalam dan mulai lagi.
Ada pula yang menyarankan menahan napas selama mungkin kemudian keluarkan dan tahan selama mungkin. Atau dengan menahan napas dengan kepala tengadah.
Menelan satu sendok teh gula pasir kering dapat menghentikan cegukan dalam beberapa menit. Diduga, gula dalam mulut akan mengirimkan sinyal melalui serabut saraf yang akan mengganggu lengkung refleks cegukan.
Minum air dalam posisi membungkuk, melakukan pijatan ringan dengan jari telunjuk pada kedua sisi leher, tarik napas dalam lalu minum 10 tegukan air saat tidak bernapas, membungkuk sampai jari tangan dapat menyentuh ibu jari kaki selama 60 menit serta masih banyak lagi tehnik yang dapat dilakukan untuk menghilangkan cegukan.

Bila cegukan tak hilang juga dalam beberapa jam atau bahkan hari, maka pertolongan medis seperti penggunaan obat-obatan sudah diperlukan. Beberapa obat yang dapat digunakan untuk menghilangkan cegukan diantaranya adalah chlorpromazin, metoclopramid, baclofen, antikonvulsan (fenitoin, asam valproat, carbamazepin) juga obat lain seperti quinidine, amitriptilin dan marijuana. Tentunya penggunaan obat-obatan ini harus dengan petunjuk dokter, sebab obat-obatan tersebut juga memiliki efek samping yang perlu diwaspadai.

Bila dengan obat-obatan cegukan tetap bertahan juga, dapat pula dicoba terapi hipnotis dan akupuntur. Lebih jauh lagi…anestesi dengan ventilasi tekanan positif dan pelumpuh otot dilaporkan dapat menghentikan cegukan. Nah, akhirnya… sebagai senjata terakhir yang dapat dilakukan…… tindakan pembedahan menghancurkan atau memblok nervus frenikus juga telah dilakukan pada beberapa kasus cegukan yang tidak teratasi dengan berbagai cara…..

***
cara kedua
Pernahkah Anda mengalami yang namanya cegukan? Saya yakin sebagian besar dari kita pernah mengalaminya. Atau barangkali malah belum tahu apa itu cegukan?

Cegukan biasanya terjadi ketika kita memasukkan makanan atau minuman yang panas atau dingin secara tiba-tiba, sehingga saluran makanan dan perut kita tidak siap menerimanya.

Akibatnya terjadilah kejutan yang menyebabkan sekat rongga dada mengalami kejang-kejang. Pada saat itu, celah suara pun menutup secara mendadak saat bernafas.

Ada dua organ dalam tubuh kita yang saling mempengaruhi saat kita cegukan, yaitu:

Sekat rongga dada,
Saluran pernapasan dekat pita suara
Sekat rongga dada adalah jaringan otot yang membatasi rongga dada dengan rongga perut. Otot ini tepatnya berada di bawah paru-paru dan diatas lambung.


Otot sekat rongga dada bergerak turun naik ketika kita bernapas. Saat kita menghirup udara, otot ini bergerak turun sehingga paru-paru kita dapat membesar dan udaranya pun masuk ke paru-paru.

Sebaliknya, ketika kita mengeluarkan udara, sekat rongga dada bergerak ke atas, sehingga paru-paru kita tertekan dan mengecil. Udara yang ada di dalamnya pun terdorong keluar.

Sekali waktu otot sekat rongga dada mengejang. Ketika mengejang, sekat ini menekan paru-paru sehingga udara yang ada di sana pun didesak keluar.

Pada saat yang bersamaan, saluran pernapasan yang ada di leher kita menyempit. Udara yang keluar tiba-tiba itu pun harus melalui lorong yang sempit, maka keluarlah bunyi, “Hiik…hiik…”. Proses itulah yang kita sebut dengan istilah CEGUKAN.



Bagaimana cara untuk mengatasi cegukan ini?

Ada dua cara yang bisa kita lakukan apabila mengalami cegukan ini, yaitu:

Hirup udara dalam-dalam dan tahan dalam waktu yang cukup lama, atau
Minum air putih dengan posisi badan membungkuk sambil menjepit hidung dengan tangan.
Dengan cara tersebut di atas insya Allah cegukan tersebut akan cepat hilang.
cara ketiga
1.Cobalah untuk menahan napas Anda selama beberapa detik. Lalu hembuskan perlahan. Kemudian ulangi cara ini beberapa kali.
2.Jika tidak berhasil, meminum segelas air putih sambil menahan napas saat menelannya biasanya cukup membantu.
3.Anda juga bisa mengarahkan kantung kertas di depan mulur Anda kemudian menarik napas dan mengeluarkan secra perlahan-lahan.

0 komentar:

Posting Komentar | Feed



 
^

Powered by BloggerHIDUP SEHAT dan SEGALA HAL MENGENAI KESEHATAN ADA DI BLOG INI
TIPS KESEHATANTIPS SEHAT
Creative Commons License