Senin, 07 September 2009

Tips Susah Tidur dan Tidur Lelap


Hidup Sehat - Definisi Sehat - Tips Hidup Sehat - Makanan Sehat - Diet Sehat
Ingin bisa tidur dengan lelap? Yang Anda perlukan hanya ritual sederhana, santai, menyenangkan dan monoton (tidak bersifat kompetitif), misalnya meditasi, berdoa, membaca bacaan ringan, bahkan bercengkrama santai dengan pasangan. Atau, cobalah lakukan beberapa latihan relaksasi berikut. "Hal ini berguna untuk melepaskan semua beban setelah beraktivitas seharian," tulis dr. Andreas Prasadja, RPSGT, ahli kesehatan tidur dari RS Mitra Kemayoran, dalam bukunya Ayo Bangun! Dengan Bugar Karena Tidur yang Benar.

1.Pernapasan Dalam

Pernapasan dalam adalah pernapasan dengan menggunakan perut. Fungsinya untuk menenangkan pusat-pusat energi yang mengatur emosi Anda.

Caranya: Duduk dengan santai, tegakkan tulang punggung Anda, pejamkan mata. Sambil tersenyum, hirup udara melalui hidung secara perlahan dengan lembut dan santai, sambil mengembungkan sedikit perut Anda. Tahan sejenak (satu hitungan). Kempiskan sedikit perut Anda dan hembuskan udara secara perlahan-lahan melalui mulut, lalu tahan sejenak (satu hitungan). Cara ini merupakan satu siklus pernapasan. Lanjutkan pernapasan dalam ini hingga 10 kali. Cobalah melakukannya dengan iringan musik lembut kesukaan Anda, seperti musik klasik dengan melodi yang menenangkan (Moonlight Sonata karya Beethoven, Traumerei karya Schumann, dan lain-lain), atau musik new age (Enya, Adiemus, B-Tribe, dan lain-lain), atau alunan jazz yang lembut (Norah Jones, Diana Krall, Michael Bubblé).

Catatan: Latihan pernapasan dalam ini juga bisa Anda lakukan di siang hari untuk menenangkan diri Anda dari stres.

2.Visualisasi dan afirmasi

Tindakan ini baik dilakukan saat emosi Anda sedang dalam kondisi yang kurang baik sehingga membuat Anda tidak bisa tidur.

Caranya: Setiap kali menarik napas, bayangkan udara yang Anda hirup bersih dan bening; Sambil menghembuskan napas, bayangkan udara yang Anda lepaskan kotor dan keabu-abuan; Lakukan berulang kali dengan lembut dan santai; Setelah merasa cukup, tambahkan perasaan menghirup segar dan membuang kepenatan setiap kali Anda bernapas. Lakukan 1 hingga 3 siklus. "Hirup kedamaian, hembuskan kegalauan... hirup kelembutan, hembuskan keresahan... lanjutkan dengan kata-kata Anda sendiri," tulis dr. Ade.

3.Relaksasi otot

Anda bisa melakukan ini di mana saja, dengan cara berbaring atau duduk bersandar di sofa yang nyaman. Tugas Anda adalah mencoba melemaskan otot-otot di kepala hingga telapak kaki dengan pikiran Anda.

Caranya: Pertama-tama, sadari bahwa kulit kepala Anda tegang. Dalam hati, perintahkan dengan lembut agar kepala Anda melemaskan otot-ototnya, hingga Anda merasakan sensasi santai; Lakukan hal yang sama di bagian belakang, wajah, tengkuk dan leher, bahu, siku, lengan, pergelangan tangan, ujung jari, dada, perut, punggung, pinggul, tulang ekor, otot paha, tungkai, betis, pergelangan kaki, hingga telapak kaki. Diam sejenak, dan nikmatilah.



Bagaimana? Anda merasa lebih santai dan siap untuk berkunjung ke dunia mimpi? Agar tidak bosan, Anda bisa berpindah-pindah dari teknik yang satu ke teknik yang lain. Selamat tidur...

0 komentar:

Posting Komentar | Feed



 
^

Powered by BloggerHIDUP SEHAT dan SEGALA HAL MENGENAI KESEHATAN ADA DI BLOG INI
TIPS KESEHATANTIPS SEHAT
Creative Commons License