Minggu, 06 September 2009

Tertawa Obat segala Penyakit


Hidup Sehat - Definisi Sehat - Tips Hidup Sehat - Makanan Sehat - Diet Sehat
Tertawa itu sehat. Berbahagialah Anda yang menerapkan pepatah itu. Karena dengan tertawa, rasa sakit Anda bisa hilang. Bahkan penyakit yang diderita cepat sembuh. Tak percaya? Serangkaian penelitian telah membuktikan hal itu.

Hasilnya, anak-anak itu dapat bertahan 40 persen lebih lama dibandungkan anak-anak tanpa film komedi. Mereka melupakan rasa sakitnya sejenak karena hanyut dalam lawakan yang ditonton.

Para ahli berpendapat, humor akan menghasilkan perubahan ke arah penyembuhan dalam tubuh seseorang. Hal ini dipelajari lebih jauh dalam suatu ilmu khusus yang disebut psikoneuroimunologi. Yakni hubungan antara kejiwaan, otak-saraf dan sistem kekebalan tubuh.

Tekanan darah, detakan jantung dan kadar hormon stress akan berkurang saat seseorang berada dalam situasi menggelikan. Sedangkan sistem kekebalan tubuh akan meningkat dalam suasana lucu. Sehingga humor dan tertawa akan meningkatkan toleransi terhadap rasa sakit. Suatu penelitian lain yang dilakukan di Jepang menunjukkan, kulit yang terluka dapat cepat sembuh pada penderita alergi yang sering menonton film komedi Charlie Chaplin.

Sedangkan para peneliti dari Maryland, AS melaporkan, orang-orang yang sehat jantungnya ternyata sering tertawa dalam situasi humor. Hal yang sama tak ditemukan pad mereka yang memiliki penyakit jantung. Memang bisa dimaklumi, seseorang yang berpenyakit jantung tentu merasa sedih, tak berpengharapan. Sehingga jarang tertawa atau mneikmati suasanan humor. Namun para ahli berpendapat, mungkin saja mereka yang tak terkena penyakit jantung itu karena suka humor. Dan humor melindungi jantung mereka dengan cara tertentu.

0 komentar:

Posting Komentar | Feed



 
^

Powered by BloggerHIDUP SEHAT dan SEGALA HAL MENGENAI KESEHATAN ADA DI BLOG INI
TIPS KESEHATANTIPS SEHAT
Creative Commons License